3 Cara Mudah Mendapatkan Uang Online Tanpa Investasi/MLM


Banyak orang yang menginginkan mendapatkan uang dari internet, tapi mereka yang baru masuk ke dunia online dan menginginkan uang secara instan kadang membuat mereka malas. Malas kenapa? karena mereka tidak menginginkan proses yang rumit, dan lain-lain. Padahal Proses itu diperlukan untuk membangun sebuah usaha yang kita rintis dari awal hingga menjadi besar loh.

Opini yang saya kumpulkan dari salah satu grup facebook, salah satunya menjadi penulis blog yaitu adalah mereka yang menginginkan uang secara instan sehingga menghalalkan segala cara, seperti menyalin semua tulisan original milik orang lain, mencuri hasil upload orang lain, dan lain sebagainya.

Padahal itu semua sangatlah salah, kenapa? Menjadi blogger itu harus sesuai hobi yang kita tekuni di dunia nyata. Karena pada awalnya ada blogger (dulu banget) hanya untuk sebuah berbagi cerita di media online, karena perkembangan jaman, blogger menjadi berbagai media berita, tutorial dan lain-lain.

Perihal untuk mendapatkan uang secara online itu sangatlah sulit di jaman sekarang. Karena sudah banyak sekali saingannya. Mau dari jualan online, penulis, maupun bergabung afiliasi dari sebuah situs. Semua itu harus memiliki kepercayaan dari seorang pengunjung, ketika kita mendapatkan feedback positif dari pengunjung, itu sudah menjadi nilai tambah kepada kita.

Uang memang tidak segalanya, tapi segalanya butuh uang? Memang benar, tapi untuk penulis kita kesampingkan dulu uang, dan kembangkan dulu konten yang berkualitas. Semakin berkualitas konten kita, uang akan datang dengan sendirinya.

Disini saya tidak bisa menjelaskan secara detail berbagai macam cara untuk mendapatkan uang dari internet, tapi disini saya hanya akan membagikan beberapa poin saja yang pernah saya alami selama ini.

Berikut adalah 3 Cara Mudah Mendapatkan Uang Online Tanpa Investasi/MLM

1. Menjual Diri Sendiri
Menjual diri sendiri itu dalam hal positif ya. Disini maksud dari menjual diri sendiri adalah bagaimana caranya kamu bisa mempromosikan keahlian yang kamu punya lewat online. Contoh: Jika kamu sering menggunakan sosial media seperti facebook, instagram, linkedIn, twitter dan lain-lain, apalagi kamu mempunyai pengikut yang banyak, kamu bisa memanfaatkan itu semua untuk berbisnis loh. Misalnya menjual barang yang kamu kuasai, atau menjual jasa sesuai keahlian kamu.

Gak perlu modal kok untuk melakukan itu semua, asalkan kamu tekun dan percaya bahwa proses yang kamu alami itu akan membuahkan hasil, kamu pasti akan berhasil. Tapi, ketika kamu sudah menjadi pengusaha yang besar, jangan besar kepala juga, tetap ramahlah kepada pelanggan/client kamu. Karena kunci dari kenyamanan berbisnis adalah kamu ramah terhadap para pengunjung nya dan menjawab pertanyaan dengan sabar.

2. Memulai Menjadi Penulis Blog - Hasilkan Trafik Organik - Beriklan - $$$
Ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Ya, mereka yang menginginkan uang secara instan kadang yang pertama mereka lakukan adalah menjadi penulis di blog.

Saya sering menyimak di salah satu grup facebook, mereka yang baru saja terjun di dunia blogger sering melakukan hal blog walking (BW), klik iklan, refresh view dll. Memang tidak ada yang salah dari kedua hal tersebut,  yang salah adalah ketika kamu mengklik iklannya. Kenapa? Karena akan merugikan pengiklan, hanya dengan mengklik tapi pengiklan tidak mendapatkan apa-apa. Jangan lakukan itu jika blog kamu yang sudah susah payah mendapatkan iklan, terus melakukan hal yang tidak perlu seperti meminta orang untuk mengklik iklan kita. Pas kamu terkena banned, baru dah nyalahin vendor, padahal itu murni kesalahan kamu.

Namun, saya sering melihat juga blogger terkenal. Mereka menyajikan konten berkualitan tanpa harus meminta pengunjung datang, apalagi klik-klik iklan gak jelas. Intinya sih "Konten Berkukalitas Akan Menghasilkan Pengunjung Organik".

Tapi untuk yang baru masuk dunia blogging, apa saja yang harus dilakukan?

  • Buatlah blog sesuai dengan hobi/keahlian kamu, jangan ikut-ikutan tren, karena suatu saat kamu akan bosan dengan niche yang kamu buat.
  • Setelah mendapatkan banyak visitor dari konten original kamu, kamu hanya perlu mengkaitkan blog dengan Adsense. Apa itu? Kamu bisa cari di internet tentang Adsense ya. Saya pernah melihat blogger terkenal menghasilkan uang $ 10.000 per bulan, karena konten yang mereka sajikan sangat berkualitas serta pengunjung nya pun tidak 100-300an tapi puluhan ribu/jutaan.
  • Banyak perusahaan perangkat lunak/produk di internet, kirim mereka email untuk beriklan di situs kamu (Ini untuk kamu yang sudah mendapatkan trafik di atas 100rb ya).
  • Berafiliansi - Nanti kita bahas di poin ke 3
Untuk mendapatkan visitor organik, kamu hanya perlu mendalami keahlian atau hobi kamu yang ditekuni di dunia nyata, dan lakukanlah optimalisasi terhadap blog kamu (SEO), kamu bisa mencari blog tentang SEO di internet ya.

3. Dari Afiliansi - Menjual Produk Orang Lain
Ada ribuan produk yang orang beli hampir setiap hari, katakanlah ponsel, laptop di Amazon, Flipkart dll, Website Domain & Hosting + produk lainnya. Jadi sebagian besar situs memberikan komisi jika Kamu membantu mereka menjual produk apapun. Jadi Kamu bisa memonetisasi blog Kamu dengan artikel bagus dan memasukkan tautan di antara mereka atau dalam ulasan produk. Saya harap semua dari Kamu pasti pernah ke mysmartprice.com dan coba tebak situs yang menghasilkan 70% pendapatannya dari pendapatan afiliasi, siapa pun yang membeli produk dari situs masing-masing, katakan saja Kamu membeli smartphone dari Amazon melalui tautan yang diberikan pada mysmartprice.com, maka mysmartprice akan mendapatkan beberapa% komisi dari Amazon. 

Kamu bahkan tidak memerlukan situs web sebagai starter, Kamu cukup mempromosikan di jejaring sosial, namun memiliki blog atau situs dapat membantu sedikit untuk mewakili dengan cara yang benar.

Jadi ini adalah cara termudah namun ampuh untuk menghasilkan uang dengan baik secara online, semoga kalian pasti sudah belajar sesuatu hari ini dari artikel ini, saya memang berbagi sebagian besar pengalaman saya disini tapi saya harap kalian akan tetap mengikuti KangGira untuk artikel lainnya.

Comments